free counters

DAFTAR ISI

Image and video hosting by TinyPic

Google Translator

Image and video hosting by TinyPic
Adsense Indonesia

JUAL BELI

Image and video hosting by TinyPic Mobil Bekas Iklan Properti

Pages

Image and video hosting by TinyPic

KOMUNITAS KU

Campurandom. Powered by Blogger.

TERPOPULER

100% Backlink Indonesia
Image and video hosting by TinyPic

Sejarah Logo-Logo Studio Hollywood

Kawan-kawan pasti suka menonton film hollywood kan?. Pasti kawan-kawan juga sering melihat di permulaan film selalu keluar logo-logo dari perusahaan pembuat film tersebut, tapi kawan-kawan tau gak arti dari logo-logo tersebut?. Nah..disini Campurandom akan berbagi cerita tentang logo-logo tersebut.


1.      Columbia Pictures: The Torch Lady
Columbia Pictures didirikan pada tahun 1919 oleh dua bersaudara Harry dan Jack Cohn. Pada awal produksi studio ini banyak mendapatkan masalah terutama dibidang keuangan, karena anggaran yang mereka miliki sangat minim (low-budget) studio columbia pictures sempat mendapatkan julukan “Beef Kornet dan Cabbage” (Kornet daging sapi dan kol).


Akhirnya Pada tahun 1924, Harry dan Cohn menjual Studio Columbia kepada Brandt dan berganti nama menjadi studio Columbia Pictures Corporation sebagai upaya untuk memperbaiki citranya. Oleh brandt kemudian menetapkan logo studio columbia dengan personifikasi perempuan Amerika dengan memegang obor sebagai identitas barunya “The Torch Lady”. Disinilah awal misterinya, siapa model perempuan di dalam logo columbia pictures corporation tersebut. Lebih dari selusin perempuan mengakui sebagai model dalam logo columbia pictures. Namun yang menarik diantara sekian banyak perempuan yang mengakui sebagai model dalam columbia pictures adalaah Claudia Dell, Amalia Batchler dan Jane Bartholomew nama mereka sempat masuk kedalam beberapa media. Karena sejarahnya penciptaan logo columbia yang kabur dan mengingat logo columbia pictures telah berubah selama bertahun-tahun, mungkin saja ketiga nama perempuan diatas adalah benar.


Hingga tahun 1993 Sony Pictures Entertainment (Studio Columbia Pictures Corporation) menugaskan Ilustrator bernama Michael J. Deas untuk merancang kembali logo columbia pictures corporation dengan wanita memegang obor dengan gaya klasik. Logo baru ini juga mendapatkan permasalahan yang sama karena beberapa orang menganggap bahwa yang menjadi model dalam logo columbia pictures adalah aktris bernama Annette Bening. Namun kenyataannya model dalam logo columbia pictures corporation bukanlah seorang artis melainkan seorang ibu rumah tangga di Louisiana bernama Jenny Joseph. Ketika pengambilan gambar Jenny hanya menggunakan jubah darurat dan memegang obor dengan rambut terurai. Dengan sentuhan Deas dan beberapa bantuan fitur-fitur dalam komputer jadilah logo Columbia Pictures Corporation yang sekarang.

2.      Paramount: The Majestic Mountain
Paramount Pictures merupakan studio film tertua di Hollywood yang masih bertahan. Didirikan pada tanggal 8 Mei 1912 oleh Zukor Adolph seorang pria Kelahiran Hongaria bekerjasama dengan Daniel Frohman dan Charles Frohman. Pada tahun 1914 ia menghasilkan film buatan Amerika pertama, The Prisoner of Zenda (1913), dan itu diikuti oleh keberhasilan seperti The Count of Monte Cristo (1913), Tess dari D’Urbervilles (1913), The Sheik ( 1922) dan The Covered Wagon (1923).


Pada Awal tahun 1914, perusahaan ini berganti nama sebagai Paramount Pictures Corporation, Pada tanggal 24 Maret 1966, Paramount diakuisisi oleh Industri Teluk Barat, yang kemudian menjadi Paramount Communications pada bulan September 1989. Sejak 11 Maret 1994, hingga saat ini Paramount Pictures Corporation dimiliki oleh konglomerat media Viacom, anak perusahaan National Amusements, Inc.


Sekarang kita beranjak ke Logo paramount Pictures, logo yang kita lihat sekarang terdiri dari 22 bintang dan gunung. Mungkin kita tidak peduli dengan maksud dari logo tersebut. Tapi kenyataanya logo paramount pictures menyembunyikan misteri yang sampai sekarang belum terpecahkan. pertama kali logo paramount digambarkan sebagai doodle (coretan) oleh W.W. Hodkinson (salah satu pendiri paramount pictures). Kemudian hasil coretan tersebut dilukiskan kembali oleh Jan Domela. Pada tahun 1974 logo paramount sedikit disederhanakan berbentuk vector terdiri dari gunung dan 24 bintang mengelilinginya. Pada tahun 2002 tepatnya pada saat ulang tahun paramount ke 75 logo kembali desain dengan bantuan komputer oleh apogee, Inc. Perubahan nyata terutama pada jumlah bintangnya (adanya pengurangan jumlah). Sekarang yang menjadi pertanyaan banyak orang adalah “apakah gunung dalam logo paramount benar-benar nyata?. Kemudian kenapa ada pengurangan pada jumlah bintang dari 24 menjadi 22?”.


Beberapa pendapat menyebutkan bahwa gunung pada logo paramount itu merupakan inspirasi WW Hodkinson pada bukit-bukit tertentu. Pendapat lainnya menyebutkan bahwa gunung tersebut merupakan salah satu gunung di Utah (tempat kelahiran Hodkinson) yaitu gunung Ben Lomond, sebuah gunung dengan ketinggian 9712 kaki mendominasi langit utara tapi tidak mirip seperti didalam logo mungkin saja ketika sedang menciptakan logo Hodkinson terkenang memori masa kecilnya di Utah. Misteri yang masih tersisa alasan paramount mengurangi jumlah bintang pada logo dari aslinya 24 menjadi 22.

3.   DreamWork SKG: Boy on the moon
Coba perhatikan logo dreamworks, seorang anak laki-laki sedang memancing dibulan sabit, sungguh pekerjaan yang hanya bisa dilakukan di alam mimpi. ceritanya berawal pada tahun 1994 sutradara Steven Spielberg bersama pimpinan studio Disney Jeffrey Katzenberg, dan produser rekaman David Geffen berkumpul untuk mendirikan sebuah studio baru yang disebut DreamWorks. Spielberg menginginkan sebuah logo yang mampu mengingatkan kita pada zaman keemasan hollywood. Terciptalah sebuah ide logo “seorang pria penangkap ikan dan bulan sabit”. oleh Dennis Murren (Supervisor Visual Effect Industri Light dan Magic) menyarankan agar logo tersebut akan lebih baik bila dilukis dengan tangan. selanjutnya muren meminta seorang seniman yang juga merupakan temannya bernama Robert Hunt untuk melukiskan logo yang dimaksud.


Robert mengirimkan hasil lukisannya kepada spielberg disertai dengan satu versi alternatif berupa seorang anak laki-laki sedang memancing di bulan sabit. setelah menerimanya ternyata spielberg lebih menyukai versi alternatif yang ditawarkan oleh hunt menurutnya itu yang terbaik, seorang anak laki-laki memancing di bulan sabit. tapi apakah kawan tahu siapa anak laki-laki dalam logo tersebut? Ternyata dia adalah putranya Robert Hunt bernama William.


Nah logo dreamworks yang sering kita lihat itu merupakan hasil lukisan Robert Hunt bekerjasama dengan Kaleidoscope Films (Storyboard), disutradarai oleh Dave carson dan Clint Goldman sebagai Produser. sedangkan “SKG” yang terdapat dibawah “Dreamworks” merupakan inisial ketiga pendirinya “Spielberg – Katzenberg – Geffen”.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Sebaiknya Anda Tahu dengan judul Sejarah Logo-Logo Studio Hollywood. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://campurandom.blogspot.com/2012/02/sejarah-logo-logo-studio-hollywood.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Shafwandi - Wednesday 8 February 2012

Belum ada komentar untuk "Sejarah Logo-Logo Studio Hollywood"

Post a Comment