DAFTAR ISI

Google Translator

Image and video hosting by TinyPic

JUAL BELI

Image and video hosting by TinyPic Mobil Bekas Iklan Properti

Pages

KOMUNITAS KU

Campurandom. Powered by Blogger.

TERPOPULER

CFC, Fast Food Asli Indonesia


California Fried Chicken (CFC) memasuki pasar dengan sangat unik. Restoran yang dikelola PT Pioneerindo Gourmet Tbk itu tidak ada keterkaitan bisnis sama sekali dengan pihak atau perusahaan asing manapun.

Namun karena memilih nama CFC dimana California adalah salah satu negara bagian di Amerika Serikat, maka daging ayam siap saji yang ditawarkan CFC langsung dipersepsikan sama dengan produk siap saji lainnya dari Negeri Paman Sam yang sudah lebih dahulu populer. Anggapan awal kebanyakan orang pun sama menyebutkan bahwa CFC adalah perusahaan waralaba dari luar negeri.


Budi Hamidjaja kelahiran tahun 1961 Presiden Direktur PT Pioneerindo Gourmet Tbk mengakui dari sisi brand name nama CFC sangat bagus dan mudah akrab di telinga masyarakat terutama kalangan anak muda yang pada suatu masa pernah sangat tergila-gila terhadap aneka produk dan budaya hasil westernisasi. Padahal, kata Budi, hal itu hanyalah kejelian manajemen memilih nama.

Untunglah CFC nama yang bagus itu dibarengi dengan kualitas produk makanan siap saji yang bagus pula hingga setara dengan standar produk restoran internasional. Sebab nama bagus itu, kata Budi, akan menjadi percuma kalau rasa yang disajikan tidak bisa memberikan kepuasan kepada pelanggan yang sudah kadung mempersepsi CFC sebagai makanan bagus.

Budi Hamidjaja agaknya merasa beruntung para pendiri dan manajemen PT Pioneerindo Gourmet Tbk pada tahun 1983 telah jeli memilih nama CFC nama yang mudah akrab di telinga masyarakat terutama kalangan anak muda.

Nama bagus itu terbukti efektif untuk dimajukan ke pasar sehingga dalam perjalanan selanjutnya terdapat banyak cerita keberhasilan yang dibukukan CFC. Hingga berumur 18 tahun di tahun 2001 lalu saja, misalnya, CFC telah memiliki 120 gerai yang tersebar di banyak kota Indonesia. Di antaranya tujuh gerai Sapo Oriental dan 46 gerai Cal Donat di mal-mal Jakarta.

CFC membutuhkan tak kurang 30 hingga 40 ton ayam pedaging setiap minggunya. Namun jika memasuki hari raya Lebaran, Natal, dan Tahun Baru kebutuhan itu meningkat menjadi 40 hingga 50 ton perminggu.
Dari keseluruhan gerai miliknya hanya 10 yang sudah diwaralabakan ke pihak ketiga sisanya 110 gerai ditangani langsung oleh Pioneerindo. Kemampuan menangani sendiri menjadi salah satu kunci keberhasilan CFC. Sebab bisnis restoran, demikian Budi, biasanya cukup rentan terhadap perubahan sehingga konsistensi rasa hidangan di setiap gerai harus dipertahankan dari sisi kualitas dan kontrol makanan secara berkelanjutan.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Made In Indonesia dengan judul CFC, Fast Food Asli Indonesia. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://campurandom.blogspot.com/2012/02/cfc-fast-food-asli-indonesia.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Shafwandi - Saturday, 4 February 2012

2 komentar untuk "CFC, Fast Food Asli Indonesia"

  1. makasih..bisa jadi bhn untuk penelitian saya

    ReplyDelete